Pengenalan 2 Macam Metode Akses Internet

Macam Metode Akses Internet

Ngebrowse.blogspot.co.id - Pengenalan 2 Macam Metode Akses Internet


1. Koneksi Dial-up


Menggunakan saluran telepon untuk melakukan koneksi ke ISP dengan menghubungi nomor telepon ISP via dial-up modem. Dial-up modem disebut juga dengan voiceband modem mengubah sinyal digital menjadi suara dan sebaliknya yang ditransmisikan melalui kabel telepon, itu sebabnya pada saat koneksi internet berlangsung telepon tidak bisa menerima ataupun melakukan panggilan. Modem dial-up umumnya diklasifikasikan berdasarkan jumlah bit data yang dapat dikirim per detik (bps). Dengan adanya pembatasan interferensi sinyal suara, kecepatan modem dial-up maksimum adalah 56kbps (56.000 bit per detik).
Dial Up Internet
Dial Up Internet
Koneksi dengan metode ini paling mudah dilaksanakan, hingga biasanya jangkauan layanannya cukup luas. Kekurangan paling mendasar adalah masalah kecepatan koneksi, jika penagihan dilakukan berbasis waktu (time charged) maka biaya operasional bisa sangat mahal.

Kondisi pengkabelan antara pelanggan dengan kantor telepon dan peralatan lain yang terpasang sangat berpengaruh pada kualitas koneksi, disebabkan lebar pita frekuensi yang dipakai rentan terhadap berisik (noise) yang ditimbulkan dari lingkungan.


Baca Juga : Apa itu Intranet ?


2. Koneksi Asymmetric Digital Subscribers Line (ADSL)


Cara kerja koneksi jenis ini adalah dengan menumpangkan sinyal transmisi data frekuensi tinggi di saluran telepon, pada bagian pelanggan dipasang splitter yang memisahkan sinyal frekuensi tinggi agar tidak menggangu sinyal pembicaraan dan sinyal fungsi operasional pesawat telepon. Sinyal data frekuansi tinggi kemudian ditangani oleh modem ADSL yang juga berfungsi sebagai bridge atau router dan melangsungkan koneksi disisi pelanggan dengan ISP.

Modem ADSL langsung terhubung dengan ISP dari pertama dihidupkan dan menjaga koneksi ini tetap berlangsung, kebanyakan dikonfigurasikan sebagai DHCP Server yang siap membagi koneksi internet dari ISP ke beberapa komputer menggunakan Port Lokal Area Network (LAN). Komputer dapat mengakses koneksi internet di modem menggunakan NIC (Network Interface Card), umumnya menggunakan kabel UTP dengan soket RJ45.
ADSL Internet
ADSL Internet

Kebanyakan ISP menawarkan 3 jenis kecepatan koneksi yaitu :
* 256Kbps Download dan 128Kbps Upload
* 512Kbps Download dan 128Kbps Upload
* 1Mbps Download dan 256Kbps Upload

Baca Juga : Apa itu ADSL ?


Koneksi dengan metode ini biaya operasionalnya lebih murah daripada metode dial-up, namun biaya yang dikeluarkan untuk mempersiapkan peralatan koneksi seperti modem, NIC dan pengkabelan bisa jadi cukup mahal.
Previous
Next Post »
2 Komentar
avatar

bole numpang pake artikel buat bahan paper nga? ^_^

Balas