Apa Itu Intranet ???

Apa Itu Intranet ???



www.mediatronika.com - Apa Itu Intranet ???

Intranet adalah jaringan pribadi (Privat Network) yang yang dimiliki perusahaan. Dapat terdiri dari banyak jaringan lokal (LAN) yang saling terkait dan juga menggunakan jalur leased line (sewa) pada jaringan area yang luas (wide). Biasanya, intranet mencakup koneksi melalui satu atau lebih komputer gateway ke Internet luar. Tujuan utama intranet adalah untuk berbagi informasi perusahaan dan sumber daya komputansi antar karyawan. Intranet juga dapat digunakan untuk memfasilitasi pekerjaan yang dikerjakan dalam kelompok dan untuk telekonferensi.

Sebuah jaringan Intranet menggunakan protokol TCP / IP, HTTP, dan protokol Internet lainnya dan secara umum terlihat seperti versi privat Internet. Dengan tunnel, perusahaan dapat mengirim pesan pribadi melalui jaringan publik, menggunakan jaringan publik dengan enkripsi / dekripsi khusus dan pengaman keamanan lainnya untuk menghubungkan satu bagian intranet mereka ke jaringan lainnya.




Apa Itu Intranet ???
Apa Itu Intranet ???


Biasanya, perusahaan yang lebih besar mengizinkan pengguna di dalam intranet mereka untuk mengakses Internet publik melalui server firewall yang memiliki kemampuan untuk menyaring pesan di kedua arah sehingga keamanan perusahaan terjaga. Ketika bagian intranet dibuat dapat diakses oleh pelanggan, mitra, supplier, atau pihak lain di luar perusahaan, bagian itu menjadi bagian dari ekstranet.

Login Intranet

Apa Itu Intranet ???
Apa Itu Intranet ???
Inovasi sederhana namun sangat efektif untuk intranet adalah memastikan bahwa semua staf masuk (login) ke situs portal Intranet untuk menggunakannya.  dan pengguna (user) dapat menggunakan fasilitas atau layanan di sediakan oleh portal intranet.  selain itu ada maanfat yang didapat perusahaan dalam menggunakan portal intranet ini :
  • Mengetahui pengguna Anda
  • Mengetahui aktifitas dan informasi pengguna
  • Memperbaiki sistem
  • Mengetahui kemungkinan penambahan user sesuai kebutuhan



Portal Intranet

Apa Itu Intranet ???
Apa Itu Intranet ???

Menurut situs Wikipedia, portal intranet diartikan sebagai pintu gerbang untuk mengakses semua informasi dan aplikasi perusahaan didalam jaringan intranet. Ini adalah alat yang digunakan oleh perusahaan untuk mengatur data, aplikasi, dan informasi agar lebih mudah dengan tampilan (user interface) yang bisa disesuaikan. Didalam lingkungan perusahaan, portal intranet ini juga dikenal dengan istilah lain, yaitu corporate portal.

Perusahaan membuat portal intranet tentu bukan tanpa sebab, hal ini disebabkan karena portal intranet memberikan berrbagai macam keuntungan untuk perusahaan yang mengaplikasikannya, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Membantu para karyawan membuat keputusan-keputusan yang lebih baik dengan tambahan berbagai macam informasi dari portal intranet.
  • Membantu perusahaan untuk mengurangi biaya pengeluaran, menghemat waktu, meningkatkan kolaborasi dan juga produktifitas kerja.
  • Membantu para karywan untuk mempermudah mereka dalam mengakses informasi sehingga dapat mempermudah kerja mereka juga.
  • Portal intranet bisa dibuat dan didesain sesuai dengan selera dan keinginan sehingga para karyawan bisa lebih mudah menemukan informasi.
Selain memberikan keuntungan yang begitu banyak bagi perusahaan, portal intranet juga bisa memberikan kerugian. Untuk itu, perusahaan diharapkan bisa meminimalisir hal ini, kerugian-kerugian tersebut antara lain sebagai berikut:
  • Membuat portal intranet tentu memerlukan biaya besar, pemeliharaan dan perbaikannya juga memerlukan waktu dan tentunya biaya.
  • Masalah keamaan juga menjadi pembahasan, portal intranet bukan tidak mungkin disusupi orang luar yang ingin mencuri data dan informasi.
  • Kemungkina bisa saja terjadi overload (data penuh) sehingga akan membuat kesulitan dalam memperoleh informasi (mengurangi produktifitas).

Seperti apa Portal Intranet itu?


Seperti yang telah dibahas diatas, portal intranet diartikan sebagai pintu masuk dalam mengakses jaringan intranet dimana didalamnya terdapat berbagai macam informasi, data dan aplikasi perusahaan. Contoh portal intranet berupa webpages atau website yang biasa kita jumpai di internet. Halaman depan portal intranet tersebut terdapat id dan password yang harus diisi untuk bisa masuk kedalam jaringan. Dengan kata lain, hanya orang-orang tertentu (yang memiliki akses) yang bisa masuk. Orang-orang tersebut biasanya adalah pemangku kepentingan dalam perusahaan seperti karyawan, top level management, konsumen, komunitas, supplier, dan lain-lainnya.

Pembahasan diatas adalah mengenai apa itu portal intranet dan contoh kongkritnya didalam perusahaan. Dari pembahasan diatas kita mengetahui bahwa portal intranet memberikan keuntungan yang begitu besar bagi perusahaan, selain itu portal intranet juga bisa merugikan perusahaan. Untuk itu perusahaan harus benar-benar bisa memanfaatkan secara optimal keuntungannya dan juga bisa meminimalisasi kerugiannya.



Contoh Portal Intranet : intranet.beacukai.go.id

Kelebihan Intranet

Kebutuhan intranet didorong oleh beberapa tekanan teknologi yaitu :
  • Intranet menjadi alat bantu untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan produk industri
  • Intranet lebih meningkatkan tanggapan terhadap keluhan dan kebutuhan pelanggannya.
  • Intranet mampu menurunkan biaya atas kebutuhan informasi kolaborasi, workflow, dan enterprise connectivity.
  • Intranet mendapat banyak keuntungan karena adanya dukungan world wide web yang memungkinkan penggunaan yang luas karena digunakan masyarakat luas yang menggunakan internet. Caranya adalah dengan membuat website. Intranet menjadi tren saat ini karena kefleksibelan webnya yang mudah digunakan.

Manfaat untuk sekolah

Manfaat penggunaan intranet untuk sekolah:
  • Membantu dalam membuat pengajaran, pembelajaran di sekolah lebih mudah
  • Membantu dalam mengembangkan kurikulum yang akan mempersiapkan siswa untuk masa depan
  • Memberikan siswa lebih banyak informasi untuk menambahkan kurikulum pengajaran
  • Membantu dalam mengidentifikasi informasi yang diperlukan dan berkualitas tanpa membuang-buang banyak waktu
  • Membantu dalam mengidentifikasi kebijakan yang relevan dan praktik profesional perpustakaan di negara-negara maju di tingkat sekolah.


No comments:

Post a Comment

Silakan Berikan Saran dan Komentar Terbaik Anda. Terima kasih