Dampak Negatif Perangkat Android bagi Anak Anda

Dampak Negatif Perangkat Android bagi Anak Anda



www.mediatronika.com - Dampak Negatif Perangkat Android bagi Anak Anda



Pesatnya perkembangan teknologi dengan harga yang lebih murah membuatnya semakin mudah perangkat android dimiliki anak-anak berusia 13 tahun. Orang tua menganggap bahwa menjauhkan smarphone dari anak dapat meminimalkan efek negatif media digital. Tapi, kenyataannya, anak Anda perlu memiliki perangkat mobile saat ini dengan mempertimbangkan masalah keamanan dan kebutuhan untuk tetap dalam kendali orang tua. Agar anak-anak mereka tidak terlibat dalam aktivitas berbahaya secara online, orang tua perlu mendidik anak-anak mereka mengenai perilaku digital yang aman.

Sisi Gelap Perangkat Android.

Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan dampak negatif pada anak Anda. Dengan mengidentifikasi resiko ini, orang tua dapat membantu anak-anak mereka tetap aman.



Dampak Negatif Perangkat Android bagi Anak Anda
Dampak Negatif Perangkat Android bagi Anak Anda

1. Cyberbullying 

Cyberbullying tentu hal yang paling umum dilakukan anak-anak saat ini. Bila Anda mengizinkan anak membawa ponselnya ke sekolah, pastikan Anda mengajarkan etika ponsel yang sesuai untuk anak Anda. Sebagian besar anak-anak mengambil gambar anak-anak lain atau guru mereka tanpa sepengetahuannya dan mengunggah foto-foto ini di media sosial untuk mengolok-olok mereka. Bullying bisa sangat mengganggu perkembangan kepribadian positif baik si pengganggu maupun korban.

2. Sexting.


Bila Anda membiarkan anak Anda memiliki perangkat seluler Android, pastikan Anda menjaga agar anak Anda tetap aman dari kegiatan seks. Sexting telah menjadi perhatian pengasuhan utama karena semakin banyak remaja yang terlibat dalam sexting.

3. Addicting Gaming Apps

Sebagian besar aplikasi game mempromosikan konten kekerasan atau seksual dan membiarkan efek merusak pada otak anak. Pastikan anak Anda hanya memainkan permainan yang sesuai di perangkat Android-nya.

4. Penggunaan Media Sosial yang berlebihan

Penggunaan situs jejaring sosial yang berlebihan dapat membuat anak Anda menjadi mangsa orang asing yang bisa menjadi predator online atau orang yang berpikiran kriminal. Ajarkan anak Anda untuk mengganti kata sandinya sesekali untuk menghindari hacker. Gunakan Aplikasi Parental Control Android untuk Mengendalikannya.

Pengembang telah secara khusus mengembangkan aplikasi Parental Control Android untuk memungkinkan orang tua memastikan penggunaan perangkat seluler Android yang aman. Aplikasi Parental Control Android "FamilyTime" adalah aplikasi yang membantu orang tua memantau penggunaan digital anak mereka dan menjaga durasi layar yang proporsional untuk anak-anak mereka.

 Dampak Negatif Perangkat Android bagi Anak Anda Dampak Negatif Perangkat Android bagi Anak Anda
Dampak Negatif Perangkat Android bagi Anak Anda

Berikut adalah fitur yang disediakan oleh aplikasi FamilyTime:


1. Lihat Kontak, Log Panggilan dan Riwayat SMS.

Dengan menggunakan aplikasi "FamilyTime" untuk Android, orang tua dapat melihat buku kontak anak-anak mereka, log panggilan dan riwayat SMS mereka dengan stamp tanggal dan waktu dan semua informasi yang tersedia di perangkat. Tidak hanya itu, jika mereka menemukan ada kontak yang mencurigakan, mereka juga bisa memasukkannya ke Watchlist mereka dan menerima peringatan instan setiap kali kontak dilakukan oleh salah satu pihak baik melalui SMS atau telepon.

2. Awasi Aplikasi Terinstal.

Aplikasi yang membuat kecanduan akan menghancurkan kesehatan fisik anak Anda. Dengan menggunakan FamilyTime, Anda dapat melihat daftar aplikasi terinstal di perangkat seluler anak Anda. Dengan detail terkait seperti versi aplikasi yang digunakan oleh anak tersebut, tanggal pemasangan aplikasi, kategori aplikasi, dan lain lain. Orangtua Bahkan dapat melihat frekuensi penggunaan aplikasi untuk mengetahui waktu yang dihabiskan anak-anak mereka di setiap aplikasi. Ini memberi Anda gambaran tentang aplikasi yang menghabiskan sebagian besar waktu anak Anda. FamilyTime memungkinkan orang tua untuk memblokir aplikasi yang patut dipertanyakan dan adiktif di ponsel anak mereka.


3. Pantau Riwayat Browsing.

FamilyTime memungkinkan orang tua melihat riwayat penjelajahan anak-anak dengan rincian URL dan waktu kunjungan. Dengan itu, mereka bisa mengecek bookmark dan favorit di browser.

4. Batasi Waktu Layar.

Orangtua dapat memberi peringatan waktu layar terbatas dengan menjadwalkan kunci otomatis pada telepon anak mereka. Dengan menggunakan FamilyTime, Anda bahkan dapat mengunci telepon anak Anda kapan saja.
Masih banyak lagi yang bisa dilakukan orang tua dengan aplikasi ini.

Jadi, install aplikasi FamilyTime gratis ini dengan mendownloadnya dari playstore di ponsel Anda.


 familytime

No comments:

Post a Comment

Silakan Berikan Saran dan Komentar Terbaik Anda. Terima kasih