Alasan Kenapa Microsoft Memberi nama OS mereka 'Windows'

Alasan Kenapa Microsoft Memberi nama OS mereka 'Windows'



www.mediatronika.com - Apakah Anda Tahu Mengapa Microsoft Memberi nama OS mereka 'Windows'?

Microsoft Windows adalah keluarga sistem operasi. Microsoft memperkenalkan operating environment bernama Windows pada tanggal 20 November 1985, sebagai shell sistem operasi berbasis grafis untuk MS-DOS sebagai jawaban atas meningkatnya minat pada antarmuka pengguna berbasis grafis (GUI). Di PC, Windows masih merupakan sistem operasi yang paling populer. Microsoft bekerja pada versi pertama dari sebuah sistem operasi baru. Interface Manager adalah nama kode dan dianggap sebagai nama akhir, namun Windows berlaku karena paling baik untuk menggambarkan kotak atau cumputing "windows" yang mendasar bagi sistem yang baru. 
Sistem ini menampilkan ikon 32 × 32 piksel dan grafis warna. Fitur yang paling menarik adalah ikon jam analog animasi. Windows menyediakan GUI, manajemen memori virtual, multitasking, dan dukungan untuk banyak perangkat periferal. Selain OS Windows untuk komputer pribadi, Microsoft juga menawarkan sistem operasi untuk server dan perangkat mobile pribadi.

Alasan Kenapa Microsoft Memberi nama OS mereka 'Windows'
Alasan Kenapa Microsoft Memberi nama OS mereka 'Windows'

Sejarah Windows berasal dari bulan September 1981, ketika Chase Bishop, seorang ilmuwan komputer, merancang model pertama perangkat elektronik dan Project Interface Manager dimulai. Ini diumumkan pada bulan November 1983 dengan nama "Windows". Mac OS 1.0 dirilis pada tahun 1984.


Ini adalah sistem operasi berbasis GUI (Graphich User Interface) pertama yang dikembangkan untuk Macintosh. memiliki beberapa fitur dari sistem operasi modern, yang berbasis windows dengan ikon. Jendela bisa dipindahkan dengan mouse dan file dan folder bisa disalin dengan menyeret dan menjatuhkan ke lokasi target.

Windows 1.0 bersaing dengan sistem operasi Apple, namun meraih sedikit popularitas. Windows 1.0 bukanlah sistem operasi yang lengkap; Sebaliknya, ini pengembangan dari MS-DOS. Shell Windows 1.0 adalah program yang dikenal sebagai MS-DOS Executive.

Komputer pribadi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis modern adalah Xerox Alto, yang dikembangkan pada tahun 1973. Ini bukan produk komersial dan ditujukan terutama untuk penelitian di universitas. Xerox 8010 Star dirilis pada tahun 1981. Ini adalah sistem pertama yang disebut sebagai komputer desktop terintegrasi termasuk aplikasi dan GUI. Ini dikenal sebagai "The Xerox Star", yang kemudian berganti nama menjadi "View Point" dan kemudian diganti namanya menjadi "Global View".

Bill Gates mengatakan, "Ini adalah perangkat lunak unik yang dirancang untuk pengguna PC yang serius." Windows mendominasi dunia komputer pribadi, running, dengan beberapa perkiraan lebih dari 90 persen dari semua komputer pribadi - sisanya menjalankan sistem operasi Linux dan Mac.


No comments:

Post a Comment

Silakan Berikan Saran dan Komentar Terbaik Anda. Terima kasih