Sekilas Tentang Bitcoin Wallet

www.mediatronika.com - Apa itu Bitcoin Wallet?

Bitcoin Wallet merupakan langkah awal untuk Anda dapat menggunakan Bitcoin. Mengapa?
Tanpa Wallet, Anda tidak bisa menerima, menyimpan, atau mengirim bitcoin.
Anda bisa membayangkan wallet sebagai antarmuka pribadi Anda ke jaringan Bitcoin, mirip dengan bagaimana rekening bank online Anda adalah antarmuka ke sistem moneter biasa. Bitcoin Wellet terdiri dari private key yaitu kode rahasia yang memungkinkan Anda menggunakan bitcoin Anda. Kenyataannya, bukan bitcoin yang perlu disimpan dan diamankan, tapi private key yang memberi Anda akses ke bitcoin.

Kesimpulannya :
Bitcoin wallet hanyalah sebuah aplikasi, situs web, atau perangkat yang mengelola private key Bitcoin untuk Anda.

Jenis-jenis Bitcoin Wallet :

Hardware Wallet (wallet dalam bentuk perangkat keras)

Hardware wallet adalah perangkat elektronik fisik, yang dibangun untuk tujuan tunggal yaitu mengamankan bitcoin. Inti Inovasi nya adalah bahwa wallet perangkat keras harus terhubung ke komputer, telepon, atau tablet Anda sebelum bitcoin digunakan.

Tiga Hardware wallet Bitcoin yang paling populer dan terbaik adalah:
  • Ledger Nano S
  • KeepKey
  • Trezor
Hardware Wallet - Ledger Nano S
Contoh Hardware Wallet - Ledger Nano S
Wallet perangkat keras adalah pilihan tepat jika Anda serius dengan keamanan dan penyimpanan Bitcoin yang mudah digunakan. Wallet hardware Bitcoin menyimpan private key terpisah dari perangkat yang rentan dan terhubung internet.

Private key Anda yang sangat penting dipertahankan di lingkungan offline yang aman di wallet perangkat keras, yang terlindungi sepenuhnya bahkan jika perangkat dicolokkan ke komputer yang terinfeksi-malware.

Karena bitcoin bersifat digital, penjahat cyber bisa berpotensi menargetkan "Wallet perangkat lunak" komputer Anda dan mencuri bitcoin Anda dengan mengakses peivate key Anda. Men-generate dan menyimpan private key secara offline menggunakan wallet perangkat keras memastikan bahwa peretas tidak dapat mengambil bitcoin Anda.

Hacker harus mencuri dompet perangkat keras itu sendiri, tapi meski begitu, bisa diproteksi dengan kode PIN. Jangan khawatir dompet hardware anda dicuri, hilang atau rusak; asalkan Anda membuat kode cadangan rahasia, Anda selalu dapat mengambil bitcoin Anda.

Kelebihan / keuntungan Hardware Wallet :


  • Cara termudah untuk menyimpan bitcoin secara aman
  • Mudah untuk backup dan aman
  • Minim kesalahan / eeror ; Setup mudah dilakukan bahkan untuk pengguna yang kurang teknis

Kekurangan Hardware Wallet :


  • Tidak free (gratis)

Hot Wallets


Hot Wallet adalah wallet Bitcoin yang berjalan di perangkat yang terhubung dengan internet seperti komputer, ponsel, atau tablet.

Private Key adalah kode rahasia. Karena Hot Wallet menghasilkan private key Anda di perangkat yang tersambung ke internet, private key ini tidak dapat dianggap 100% aman.



    Kelebihan / keuntungan Hot Wallet :


    • Cara termudah untuk menyimpan sedikit bitcoin
    • Mudah; Pengeluaran dan penerimaan pembayaran mudah dan cepat
    • Beberapa Hot Wallet memungkinkan akses ke dana di beberapa perangkat

    Kekurangan Hot Wallet :


    • Tidak aman untuk penyimpanan aman sejumlah besar bitcoin

    Wallet mana yang terbaik untukmu?

    Untuk apa Anda menggunakan Bitcoin?
    Jika untuk Berinvestasi atau menabung, hardware wallet akan membuat koin Anda aman. Jika tidak, wallet perangkat lunak akan mengirim dan menerima bitcoin dengan baik. Yang terbaik, Wallet perangkat lunak gratis.

    Setiap wallet memiliki kelebihan dan kekurangan, dan wallet berbeda dibangun untuk memecahkan masalah yang berbeda. Beberapa wallet mungkin diarahkan pada keamanan, sementara beberapa wallet mungkin lebih fokus pada privasi. Kebutuhan spesifik Anda dapat menentukan wallet mana yang Anda gunakan, karena tidak ada "wallet bitcoin terbaik".

    No comments:

    Post a Comment

    Silakan Berikan Saran dan Komentar Terbaik Anda. Terima kasih