Apa itu WannaCry? Bagaimana WannaCry ransomware bekerja?

Apa itu WannaCry? Bagaimana WannaCry ransomware bekerja?



www.mediatronika.com - Apa itu WannaCry? Bagaimana WannaCry ransomware bekerja?



WannaCry adalah sejenis ransomware yang telah menginfeksi NHS dan organisasi lainnya di seluruh dunia, termasuk institusi pemerintah di China, Rusia, Amerika Serikat dan sebagian besar Eropa. Ransomware adalah jenis software berbahaya yang membatasi akses ke komputer atau jaringan Anda dan mengancam menghapus data Anda dalam waktu yang ditentukan kecuali Anda membayar uang tebusan. NHS Inggris adalah korban serangan ransomware besar pada tanggal 12 Mei, mengakibatkan beberapa operasi pasien dibatalkan.

Serangan tersebut terjadi setelah Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat menemukan kerentanan pada perangkat lunak Microsoft yang disebut EternalBlue. Eksploitasi ini dibocorkan oleh kelompok hacker yang disebut Shadow Brokers awal tahun ini namun kerentanannya ditambal oleh Microsoft segera setelah hal itu terjadi.

Masalahnya berasal dari versi Windows yang lebih lawas atau yang tanpa update Windows, karena ini tidak ditambal oleh Microsoft dan dibiarkan terbuka untuk serangan.
WannaCry Rasonware
WannaCry Rasonware

Bagaimana WannaCry bekerja?

WannaCry bekerja dengan mengenkripsi data pada komputer yang telah terinfeksi. kemudian memberitahu pengguna bahwa file mereka telah terkunci dan menampilkan informasi tentang berapa banyak yang harus dibayar dan kapan - pembayaran dilakukan di Bitcoin.

Seperti kebanyakan penyebaran malicious lainnya, rasonware ini bisa masuk sebagai lampiran email atau sebagai unduhan di komputer Anda. Agar sistem Anda terinfeksi, Anda harus mengklik atau mendownload lampiran atau file, yang menyebabkan program berjalan dan menginfeksi komputer Anda


Apakah komputer Anda Rentan terhadap WannaCry Rasonware ini?


Jika Anda menjalankan Winsdows versi lama yang tidak lagi didukung oleh update Microsoft, Anda akan rentan terhadap WannaCry ini, menurut blog Microsoft. termasuk Windows 8 dan Windows XP, yang mayoritas dipercaya oleh NHS England.

Tetapi jika Anda menggunakan Windows 10 atau versi lain seperti sistem Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8.1, Anda akan dilindungi asalkan update otomatis Anda diaktifkan sebagai standar pengaturan.

Bagaimana melindungi komputer Anda dari WannaCry Rasonware?

Begitu sistem Anda terserang rasonware ini, pilihan Anda hanya dua : bayar atau tidak membayar ! 
Jika Anda memilih untuk membayar, Anda harus memastikan bahwa mereka akan membebaskan komputer Anda, dan memang tidak ada jaminannya. Sebenarnya, dengan membayar para penyerang, Anda hanya akan memicu budaya ransomware. Begitu mereka tahu Anda akan membayar, mereka akan tahu orang lain juga.

Pilihan terbaik Anda untuk melindungi diri dari rasonware ini adalah membuat backup file Anda, berinvestasi beberapa decrypters dan membuat panduan pencegahan dari serangan semacam itu.

Daftar lengkap ransomware removal tool dan anti-ransomware software.


No comments:

Post a Comment

Silakan Berikan Saran dan Komentar Terbaik Anda. Terima kasih